Ketegangan Mata di Semua Perangkat Apple dan kelelahan sering kali disebabkan oleh warna cerah dan cahaya biru. Tetapi Apple menawarkan alat bawaan untuk menghindarinya.


Cahaya keras berwarna biru yang dipancarkan dari iPhone, iPad, atau Mac dapat menyebabkan mata tegang yang menyebabkan sakit kepala, kurang fokus, dan mata kering. Ada beberapa cara berbeda dan mudah untuk mengubah layar Anda, mengurangi cahaya biru, untuk membuat Anda merasa lebih baik.


Karena ketegangan mata adalah masalah yang umum terjadi, Apple memiliki beberapa pengubah cahaya biru yang terpasang di perangkatnya. Ada juga aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fitur sensitivitas cahaya ekstra untuk Anda sesuaikan. Dalam artikel ini, kami akan membahas semua cara berbeda untuk menyesuaikan cahaya biru yang berasal dari layar di perangkat Apple Anda.


Sesuaikan Fitur Apple Internal Ketegangan Mata di Semua Perangkat Apple


Anda dapat menyesuaikan opsi layar iPhone, iPad, atau Mac langsung dari perangkat Anda. Berikut adalah beberapa modifikasi ketegangan mata yang dapat Anda lakukan dalam pengaturan.


Kecerahan Otomatis


Fitur Kecerahan Otomatis Apple atau Ketegangan Mata di Semua Perangkat Apple menggunakan sensor cahaya sekitar bawaan untuk mengukur cahaya di lingkungan Anda dan menyesuaikan kecerahan layar agar sesuai. Ini mencegah mata Anda perlu menyesuaikan diri dengan perbedaan tajam antara lingkungan sekitar dan layar Anda.


Ketegangan Mata di Semua Perangkat Apple

Untuk menyalakan Kecerahan Otomatis di iPhone atau iPad Anda, buka Settings > Accessibility > Display & Text Size. Ketuk penggeser Kecerahan Otomatis/Auto-Brightness untuk menyalakannya (yang berubah menjadi hijau).


Untuk menyalakan Kecerahan Otomatis di Mac Anda, klik Apple Menu > System Preferences > Displays, lalu klik Display. Aktifkan opsi Automatically adjust brightness.


Baca Juga : 9 Aplikasi Apple Watch Yang Tidak Membutuhkan iPhone di Sekitarnya


Shift Malam atau Night Shift


Night Shift adalah fitur yang mengurangi cahaya biru layar Anda (yang memicu hormon yang membuat Anda tetap terjaga), menghasilkan nada hangat yang tidak akan mencegah Anda tertidur. Jika Anda sensitif terhadap layar komputer, mengaktifkan Night Shift sepanjang hari, atau setidaknya setelah matahari terbenam, dapat membantu Anda mengurangi ketegangan mata.


Anda dapat mengatur Night Shift di iPhone atau iPad Anda dengan menggesek ke bawah dari atas layar untuk membuka Control Center. Jika iPhone Anda memiliki tombol Home, geser ke atas dari bagian bawah layar.


Lalu tekan dan tahan Brightness Slider untuk membuat tiga tombol muncul di bawahnya. Ketuk ikon tengah, Night Shift, untuk mengaktifkan pengaturan Night Shift.



Anda juga dapat mengakses Night Shift dengan melalui pengaturan iOS Anda. Buka Settings > Display & Brightness > Night Shift. Di sini Anda akan melihat pengaturan timer untuk Night Shift.


Setelan default Night Shift adalah mengaktifkan saat matahari terbenam dan menonaktifkan saat matahari terbit. Anda dapat menyesuaikan ini ke waktu tertentu dengan mengaktifkan penggeser Scheduled dan mengatur waktu khusus. Anda dapat mengaktifkan Night Shift sepanjang hari dengan mengubah waktu menjadi 00.00 hingga 23.59.


Di Mac Anda, buka Apple Menu > System Preferences. Klik Displays. Klik tab Night Shift dan edit pengaturan untuk mengonfigurasi Night Shift di Mac Anda.


Mode Gelap atau Dark Mode


Opsi ketiga untuk mengurangi ketegangan pada Perangkat Apple Anda adalah mengaktifkan Mode Gelap. Tidak seperti Night Shift (yang membuat layar Anda terlihat oranye), Mode Gelap mengubah tampilan ponsel Anda menjadi skema warna yang lebih gelap, membuat latar belakang abu-abu tua atau hitam dan teks putih.


Ini mengurangi jumlah cahaya putih terang yang dipancarkan layar Anda.


Sama seperti Night Shift, aktifkan Mode Gelap dengan membuka Control Center di iPhone atau iPad Anda. Kemudian tekan dan tahan Brightness Slider untuk memunculkan tiga tombol.


Ketuk tombol kiri, Dark Mode, untuk mengaktifkan pengaturan ini.



Anda juga dapat menambahkan Mode Gelap sebagai pintasan yang nyaman ke Control Center di iPhone atau iPad Anda. Untuk melakukannya, buka Settings > Control Center dan tambahkan Dark Mode (di bawah More Controls).


Mode Gelap sekarang akan menjadi fitur di Control Center Anda yang dapat Anda ketuk atau nonaktifkan dengan mudah.


Untuk menyalakan Mode Gelap di Mac Anda, buka Apple Menu > System Preferences > General. Klik opsi Dark di bagian atas layar.


Coba Aplikasi Pihak Ketiga Ini


Jika Anda telah mencoba fitur bawaan Apple dan tidak menyukainya (atau mungkin Anda masih mengalami sakit kepala), ada banyak aplikasi pihak ketiga untuk Anda coba juga. Berikut beberapa aplikasi yang menerapkan teknik berbeda untuk mengurangi ketegangan mata.


Nocturne (Mac)


Nocturne adalah aplikasi khusus Mac yang menawarkan manfaat Mode Gelap dengan beberapa fitur visual tambahan. Anda dapat membuat tampilan Anda benar-benar hitam dan putih, memilih palet monokrom, menonaktifkan efek bayangan, dan menyesuaikan rona.



Meskipun antarmuka pengguna agak kuno, Anda akan menemukan banyak pengaturan berbeda untuk mengakomodasi kepekaan mata Anda.


Unduh: Nocturne untuk macOS (Gratis)

F.lux (Mac)


F.lux adalah salah satu aplikasi penyesuaian cahaya paling populer. Ini menyesuaikan cahaya layar Anda (kecerahan dan warna) berdasarkan waktu Anda dan dikonfigurasi untuk membantu Anda memaksimalkan produktivitas di siang hari dan bersiap untuk tidur di malam hari. Pengaturan lampu kustomnya didasarkan pada penelitian ilmiah terkait cahaya dan tidur.



F.lux tersedia di Mac secara gratis, dan mudah diunduh. Tetapi jika Anda perlu melakukan jailbreak pada iPhone atau iPad untuk mendapatkan F.lux di atasnya, yang hampir tidak sebanding dengan usaha ketika Anda sudah memiliki Night Shift.


Unduh: F.lux untuk macOS (Gratis)

Eye Relax (iPhone, iPad)


Daripada secara otomatis menyesuaikan pengaturan pada perangkat Anda, Eye Relax mengundang Anda untuk menjadikan kesehatan mata sebagai bagian dari rutinitas harian Anda. Aplikasi ini menawarkan beberapa latihan relaksasi dan pemfokusan ulang untuk mengurangi ketegangan mata dan membantu memengaruhi produktivitas Anda.



Eye Relax memiliki pengatur waktu latihan built-in, serta beberapa latihan gratis yang bagus (latihan tambahan dapat dibeli melalui aplikasi).


Unduh: Eye Relax untuk iOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Time Out (Mac)


Time Out adalah aplikasi hebat yang berfungsi di Mac untuk membantu Anda melatih diri Anda sendiri agar mengambil lebih banyak jeda layar. Pada pengaturan defaultnya, Time Out akan secara otomatis memudarkan layar Anda untuk memberi Anda jeda 10 menit setiap jam atau jeda 15 detik setiap 15 menit.



Anda dapat menyesuaikan setiap jeda untuk memainkan musik yang menenangkan, membacakan puisi, atau menjalankan naskah, dan jika Anda sedang mengerjakan sesuatu, Anda dapat menunda istirahat sampai nanti.


Unduh: Time Out untuk macOS (Gratis, pembelian dalam aplikasi tersedia)

Iris (Mac)


Kedipan PWM biasa terjadi pada monitor. Pada dasarnya, layar mati selama beberapa milidetik lalu menyala lagi untuk membantu mengurangi penggunaan energi. Namun, meskipun PWM berada pada frekuensi yang cukup rendah untuk terlihat, hal itu memicu beberapa kontraksi dan ekspansi pupil mata Anda, yang meningkatkan kelelahan mata.



Iris adalah aplikasi yang kompatibel dengan Mac yang tidak hanya mengurangi cahaya biru, tetapi juga mengurangi kedipan PWM di layar komputer Anda.


Unduh: Iris untuk macOS (Diperlukan langganan premium)

Jika Setelan dan Aplikasi Tidak Cukup


Ada kemungkinan bahwa mengubah setelan perangkat dan mengunduh aplikasi tambahan ini masih belum sepenuhnya memperbaiki gejala ketegangan mata Anda. Jika solusi digital ini tidak cukup untuk Anda, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan pembelian perangkat yang dapat dikenakan khusus (seperti kacamata biru muda) atau menyesuaikan gaya kerja Anda untuk mengurangi waktu layar secara signifikan.







0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *