Tahun baru Imlek tentu adalah salah satu momen besar yang ditunggu-tunggu etnis Tionghoa. Biasanya hari besar ini dirayakan dengan dekorasi ornamen merah, menerbangkan lampion, mengunjungi kerabat dekat, dan acara menarik lainnya.

Walaupun begitu, kita tidak bisa mengadakan acara seperti ini di kala pandemi. Jika kamu belum punya ide bagaimana merayakan momen ini, Simak 5 cara merayakan selama pandemi berikut ini. Dijamin pasti masih seru seperti biasanya!

1. Membersihkan & mendekor rumah sudah menjadi tradisi sebelum hari Imlek


Cara merayakan Imlek selama pandemi | Source image: biohomecares.com

Cara merayakan Imlek yang sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun adalah membersihkan dan mendekorasi rumah. Kegiatan ini dilakukan untuk membuang hal negatif dan keburukan yang ada di dalam rumah. Sehingga, rumah dapat mendatangkan lebih banyak keberuntungan atau hal positif.

Uniknya, kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan mendekorasi rumah. Biasanya rumah akan dihiasi dengan ornamen berwarna merah. Kenapa warna merah? Karena merah melambangkan keuntungan, hal baik, dan kehangatan menurut kepercayaan Tionghoa.

2. Nonton film sudah menjadi kegiatan andalan jika tidak memiliki kegiatan lain

Cara merayakan Imlek selama pandemi | Source image: mydomaine.com

Salah satu cara merayakan sesuatu bersama keluarga adalah dengan menonton film bersama. Untuk merayakan momen Imlek, kamu bisa memilih film action seperti “Kung Fu Hustle”, “The Monkey King”, dan serial film “Ip Man”. Selain itu, kamu juga bisa pilihan film animasi keluarga seperti “Kung Fu Panda” dan “Frozen” yang cocok untuk anak-anak.

3. Berbagi cerita secara virtual bisa menjadi cara merayakan tahun baru Imlek di saat pandemi

Cara merayakan Imlek selama pandemi | Source image: pitcairn.com

Jika kamu tidak ada ide untuk merayakan Imlek, kamu bisa coba merencanakan pertemuan virtual bersama kerabat. Pada pertemuan ini kalian bisa berbagai cerita, pengalaman ataupun curhat dengan satu sama lain. Kegiatan ini cocok dilakukan bagi orang yang merayakan Imlek jauh dari rumah. Selain itu, kamu hanya perlu modal internet untuk melakukan hal ini loh!

4. Dinner romantis bersama pasangan bisa menjadi alternatif cara merayakan Imlek

Cara merayakan Imlek selama pandemi | Source image: medium.com

Seandainya kamu ingin merayakan Imlek dengan hal spesial, dinner romantis bisa menjadi solusinya. Kamu bisa menyiapkan makanan seperti hotpot atau steamboat yang identik dengan tradisi makan malam sebelum hari Imlek. Selain itu, kamu juga bisa memutar musik yang pelan sehingga suasana romantis dapat lebih terasa.

Baca Juga 5 Tips Mix and Match Fashion Imlek Ramah di Kantong

5. Main game bersama juga bisa mempererat hubungan keluarga

Cara merayakan Imlek selama pandemi | Source image: medium.com

Salah satu cara merayakan Imlek yang pasti seru adalah bermain game bersama keluarga. Mulai dari game smartphone hingga permainan kartu tentu cocok sebagai kegiatan kebersamaan. Selain asik, bermain game juga bisa mempererat hubungan satu sama yang lain loh.

Salah satu contoh permainan yang seru dimainkan secara ramai adalah Charades atau tebak kata. Kamu bisa men-download aplikasi ini di Play Store maupun App Store. Terdapat juga aplikasi game seperti Monopoli dan Ludo yang bisa di-install secara gratis.

Itu dia 5 cara merayakan Imlek selama pandemi yang pasti seru. Hari Imlek 2021 pasti berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi, sebenarnya masih ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merayakan momen ini. Selamat mencoba, 


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *