Banyak orang berpendapat bahwa SEO On Page adalah aspek terpenting dalam sebuah blog atau website, tapi apa itu SEO On Page? Dan apa sebenarnya manfaat teknik optimasi mesin pencarian ini untuk blog maupun website yang anda miliki? Mari kita bahas jawabannya dalam artikel ini.

Jadi sebelumnya, ada dua jenis metode optimasi mesin pencarian atau SEO yang bisa anda lakukan, yakni SEO On Page dan SEO Off Page. Kedua metode ini memiliki dampak, keuntungan, serta cara yang berbeda – beda.

Jawaban singkat dari pertanyaan apa itu SEO On Page adalah teknik optimasi yang dilakukan dari dalam blog atau website. Bisa berupa konten, fitur, navigasi, dan lain – lain.

Sedangkan SEO Off Page dilakukan dari luar blog dan website, seperti melakukan promosi, backlink, dan sebagainya.

apa itu seo on page?

Apa Itu SEO on Page dan Manfaatnya Untuk Blog atau Website Anda?

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, SEO on Page adalah teknik optimasi mesin pencarian yang dilakukan dari dalam situs anda. Ada dua kunci utama dalam melakukan teknik optimasi yang satu ini, yaitu kualitas dan relevansi.

Manfaat dan tujuan melakukan teknik SEO On Page adalah supaya situs yang anda miliki bisa bersaing dan masuk di jajaran halaman pertama pencarian Google. Sehingga artikel lebih mudah ditemukan dan bisa mengundang banyak pengunjung.

Demi bisa selalu bersaing di mesin pencarian, tentunya anda perlu membuat konten – konten yang relevan dengan keadaan saat ini. Tapi relevansi tidak bisa diukur hanya dalam waktu sebulan atau dua bulan saja. Bisa jadi artikel yang dibuat harus bisa terus relevan selama 2 tahun, 3 tahun, atau bahkan lebih. Jadi pemilihan topik atau keyword yang relevan adalah kunci utama yang pertama dalam melakukan optimasi SEO on Page.

Tapi meskipun sudah memilih keyword yang relevan, bagaimana cara agar artikel kita bisa terus berada di halaman pertama pencarian Google? Jawabannya adalah, anda butuh kunci yang kedua yaitu kualitas.

Artikel yang berkualitas sudah pasti banyak dicari oleh orang. Sehingga search engine atau mesin pencarian milik Google akan menempatkan artikel yang paling berkualitas di halaman teratas.

SEO on Page juga bukan hanya tentang artikel yang berkualitas. Tapi juga tentang tampilan dan navigasi blog yang mudah dimengerti. Tidak sedikit blogger profesional yang setuju bahwa template atau tampilan blog berpengaruh pada peringkat artikel yang anda buat di mesin pencarian. Dengan template yang sederhana, mudah dimengerti dan navigasi yang jelas, blog yang anda miliki bisa lebih mudah dalam bersaing di halaman Google.

Selain itu, kecepatan blog ketika memuat konten juga sangat berpengaruh pada optimasi SEO on Page. Sebab Google lebih memprioritaskan blog dengan waktu memuat yang cepat dibandingkan yang lambat.

3 Langkah Utama Melakukan Optimasi SEO on Page

Jadi setelah mengetahui apa itu SEO on Page, bagaimana cara kita mengaplikasikannya pada blog masing – masing? Nah, anda bisa mengikuti cara – cara optimasi mesin pencarian di bawah ini.

1. Buat Artikel Yang Informatif

Bila anda perhatikan, mesin pencarian Google selalu mengikuti cara manusia berpikir ketika memilih artikel. Jadi layaknya seorang manusia, Google juga tidak akan memilih artikel yang tidak informatif dan terkesan seperti buatan robot.

Jadi cara langkah optimasi mesin pencarian dari dalam blog yang pertama adalah dengan selalu membuat artikel yang informatif dan berkualitas. Pastikan artikel yang anda buat memiliki jawaban dari pertanyaan yang dicari oleh orang – orang.

Baca juga: 5 Cara Membuat Konten SEO Friendly

2. Judul Yang Menarik

Page one Google tidak hanya di isi oleh satu atau dua blog saja. Tapi ada sekitar 11 artikel dari 11 blog yang berbeda yang berada di satu halaman yang sama. Belum lagi bila ada website yang beriklan menggunakan Google Adwords. Jadi meskipun artikel anda sudah masuk di halaman pertama Google, anda masih harus bersaing dengan blog lainnya yang ada di halaman yang sama.

Cara paling efektif untuk bersaing di tahap ini adalah dengan membuat judul yang menarik dan mengundang rasa penasaran. Sehingga orang – orang lebih tertarik melihat blog anda dibandingkan yang lain.

3. Cantumkan External Link dan Internal Link

Link referensi yang berasal dari luar blog dan link dari blog yang anda miliki juga menjadi salah satu langkah penting setelah mengetahui apa itu SEO on Page. Bisa dibilang, mencantumkan external link membuat artikel terlihat lebih berbobot dan bukan mengada – ada.

Selain itu internal link sebaiknya berjumlah lebih banyak supaya pembaca anda bisa lebih lama berada di website anda.

Nah, setelah anda mengetahui pengertian SEO On Page, kini waktunya mengaplikasikan secara langsung pada blog masing – masing. Intinya adalah, selama anda memprioritaskan kepuasan pengunjung ketika melihat blog anda, mesin pencarian Google juga akan memberikan prioritas.

Bagi kamu yang ingin membeli Ebook atau Buku panduan belajar SEO on Page untuk meningkatkan trafik dan penghasilan kamu bisa hubungi saya melalui nomor wa 085774083112 yang Insha Allah bisa membantu Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *