Apa Itu SEO Off Page dan Cara Optimasinya

Apa itu SEO Off Page? Apa Off-Page dan On Page SEO itu sama? Lalu mana yang paling efektif untuk meningkatkan pengunjung blog dan memudahkan dalam bersaing di mesin pencarian Google?

Sebelumnya, anda mungkin sudah tahu mengenai On Page SEO atau teknik optimasi yang dilakukan dari dalam blog. Tapi untuk membuat blog bisa bersaing di mesin pencari, optimasi SEO On Page saja tidak cukup. Mengingat ada banyak blog yang sudah terindeks google dan siap bersaing di search engine.

Karena hal itulah, anda perlu mengerti tentang apa itu SEO Off Page dan pentingnya untuk blog atau website anda. Untuk lebih jelasnya, kita akan membahas seputar Off-Page SEO pada artikel berikut ini.

Apa Itu SEO Off  Page?

Pada dasarnya, Off-Page SEO adalah kebalikan dari On Page SEO. Bila optimasi On Page dilakukan dari faktor – faktor yang ada di dalam blog seperti konten dan tampilan, maka Off- Page SEO berasal dari faktor – faktor yang berada di luar blog.

Dapat dikatakan Off Page SEO ini seperti mempromosikan blog atau website anda melalui banyak cara. Sebab tujuan utama teknik optimasi mesin pencarian yang satu ini adalah untuk membuat blog lebih populer. Semakin populer sebuah blog, maka Google akan semakin memprioritaskannya untuk masuk ke halaman pertama pencarian.

Jika tidak percaya, anda bisa melihat rata – rata blog yang berada di halaman pertama Google hampir semuanya adalah blog yang sudah terkenal dan populer. Hal ini bisa dilihat dari jumlah DA dan PA dari link web tersebut yang sudah di atas rata – rata. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu fokus optimasi SEO Off Page.

Jadi salah satu tujuan utama memahami apa itu SEO Off Page adalah untuk membuat blog anda semakin populer dengan cara meningkatkan DA dan PA-nya. Untuk anda yang belum tahu, DA & PA sendiri adalah singkatan dari Domain Authority dan Page Authority.

Sekarang pertanyaannya adalah, bagaimana cara melakukan optimasi Off-Page? Salah satu cara yang paling umum yaitu dengan menanam backlink ke blog milik orang lain. Menanam backlink sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari guest post, menggunakan PBN atau Private Blog Network, atau memesan langsung jasa backlink dari seorang profesional.

Cara Terbaik Melakukan Optimasi Off Page SEO

Berdasarkan kutipan dari Bing, ketika sebuah blog memiliki nilai dan nilai ini terlihat oleh orang lain, maka mereka akan dengan senang hati memberi link kepada anda. Dengan kata lain, kunci dari optimasi Off Page tetap sama dengan On Page, yaitu dengan menyediakan konten yang berguna dan membantu orang lain.

Sehingga nantinya para pembaca blog anda akan membantu menaikan popularitas blog dengan cara mencantumkan link artikel yang anda buat ke blog – blog yang mereka miliki. Tapi, ada beberapa cara lain pula yang bisa anda lakukan untuk optimasi Off-Page SEO. Di antaranya adalah:

1. Melakukan Promosi Melalui Sosial Media

Meskipun efek langsung dari promosi media sosial ke optimasi Off Page SEO masih menjadi perdebatan, tapi secara tidak langsung sosial media bisa membantu meningkatkan popularitas blog kita. Baik ketika mempromosikannya di Facebook, Youtube, Twitter, Instagram atau media sosial lainnya.

Aktif di komunitas dan forum lokal juga bisa membantu anda membangun popularitas blog secara tidak langsung.

2. Membangun Link Building

Kemudian anda juga bisa membangun sebuah link building. Link building ini dibangun secara bertahap dari waktu  ke waktu. Caranya adalah dengan menanamkan link dari blog anda ke blog atau website milik orang lain. Hal ini juga bisa mempengaruhi jumlah DA dan PA dari alamat blog yang anda miliki.

Tapi link building juga tidak bisa dilakukan secara sembarang. Sebab mungkin masih banyak dari anda yang menggunakan cara kuno seperti melakukan spam komentar di blog milik orang lain yang sudah masuk di halaman pertama mesin pencarian. Padahal cara seperti ini justru bisa membuat blog anda tidak disukai oleh Google.

3. Memanfaatkan Guest Post Milik Orang Lain

Dan cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan sesama blogger yang sedang membuka guest post. Sebenarnya, cara yang satu ini adalah gabungan dari cara yang pertama dan kedua.

Ketika anda aktif di forum atau komunitas, mungkin ada beberapa rekan blogger yang menawari anda guest post atau memposting artikel di blog mereka yang mencantumkan link blog anda. Hal ini juga bisa menjadi teknik link building yang membuat blog anda makin populer di mata mesin pencarian Google.

Itu pembahasan mengenai apa itu SEO Off Page dan bagaimana cara melakukan optimasinya. Diantara SEO on page dan off-page, keduanya sama – sama penting dan harus sama-sama dilakukan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *