Cerita di balik peringatannya

Di Indonesia Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Hari tersebut biasanya dijadikan momen untuk menunjukan rasa kasih sayang kepada ibu dengan cara beraneka ragam. Seperti membacakan puisi, menulis ucapan selamat Hari Ibu, hingga memberikan kado spesial.

Ternyata di balik perayaan Hari Ibu, terdapat cerita yang menginspirasi dan bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua. Yuk simak sejarah Hari Ibu 22 Desember yang sudah Jakmall.com rangkum berikut ini.

Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember di Indonesia


Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember| Source Image: berdikarionline.com

Kongres Perempuan Indonesia diadakan di Yogyakarta pada 22 Desember 1928, tidak lama setelah peringatan momen Sumpah Pemuda. Kongres tersebut dihadiri oleh 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. Alasan diadakan Kongres ini ialah untuk menggalang persatuan antar-organisasi yang saat itu cenderung bergerak masing-masing. Pada akhirnya, kongres tersebut juga menghasilkan keputusan untuk membentuk gabungan organisasi wanita atau dikenal sebagai Perikatan Perempuan Indonesia (PPI).

Saat Kongres Perempuan Indonesia ketiga yang diadakan di Bandung tahun 1938, ditetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Tetapi, terdapat momen ketika Hari Kartini tanggal 21 April akan dijadikan sebagai hari emansipasi wanita Indonesia. Hal tersebut mendapatkan protes dari banyak pihak karena Kartini dirasa hanya berjuang di daerah tertentu saja. Akhirnya pada peringatan ke-25 Kongres Perempuan Indonesia, Hari Ibu disahkan melalui Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959.

Diskon hingga 50%, yuk cek alat pembersih canggih bikin pekerjaan rumah lebih mudah!

Sebagai bentuk rasa terima kasih kepada pahlawan dan para ibu di seluruh Indonesia

Sejarah Singkat Hari Ibu 22 Desember| Source Image: kintakun-collection.co.id

Tujuan diperingatinya Hari Ibu adalah untuk menghargai dan mengenang perjuangan kaum perempuan di Indonesia. Seiring perkembangan zaman, Hari Ibu tidak ditujukan untuk mengenang para pahlawan saja, melainkan sebagai momen untuk menunjukan rasa terima kasih dan kasih sayang kepada Ibu di seluruh Indonesia. Sebagai generasi masa kini, kita perlu mencontoh semangat juang mereka untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Nah, itu dia sejarah Hari ibu Nasional tanggal 22 Desember. Semoga dengan adanya peringatan ini kita dapat senantiasa mengenang jasa pahlawan dan mencontoh semangat juangnya ya. Jangan lupa juga jadikan momen ini untuk menunjukan rasa kasih sayang kita terhadap ibu.


Klik di sini untuk dapat inspirasi kado spesial buat ibu!

Yuk baca artikel menarik lainnya di Jakmall Blog!

Baca Juga: 13 Kado Hari Ibu Spesial Bagi yang Tersayang


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *