Pernahkah kamu mendengar siapa dua orang pertama yang berhasil sampai ke bulan ? Jika jawabannya Neil Amstrong dan Buzz Aldrin, kamu tidak salah. Kedua orang ini pernah ke bulan pada tahun 1969.

Namun, sebenarnya masih ada satu orang yang jarang diketahui, ia merupakan satu dari tiga orang pertama yang pernah ke bulan.

Ialah Michael Collins, salah satu astronaut yang melakukan pendaratan pertama kali di bulan dalam misi Apollo pada tahun 1969.

Michael Collins | Pinterest

Misi Apollo 11 dalam pendaratan di Bulan

Neil Amstrong dan Buzz Aldrin turun ke permukaan bulan dan melakukan penjelajahan selama 2 setengah jam. Sementara itu Michael Collins lah yang tetap berada di orbit dalam Modul Komando.

Collins bertanggungjawab dalam modul perintah agar nantinya memungkinkan tim kembali ke bumi. Ini adalah pekerjaan paling sulit di dunia, karena Collins harus tetap berada pada orbit selama kurang lebih 22 jam.

Baca Juga Ternyata Ini 10 Manfaat Durian untuk Kesehatan

Titik Kesunyian Michael Collins

Pada saat inilah bagian terburuk dalam hidup Collins. Ketika Collins mengorbit bagian sisi terjauh dari bulan, ada periode waktu 47 menit dimana bulan sepenuhnya memblokir bumi. Pada saat itu, semua komunikasi Collins tidak dapat dioperasikan. Collins benar-benar ada pada titik kesepian dan sendirian.

Bisakah kamu membayangkan bagaimana keadaan Collins pada saat itu? Bahkan NASA mengatakan bahwa sejak zaman Adam, tak ada manusia yang berada dalam kesunyian seperti itu. Terlepas dari kutipan rasa hormat NASA, hanya Collins sendirilah yang dapat menggambarkan bagaimana rasanya dalam titik kesunyian seperti itu.

“Misi berbahaya ini telah dirancang untuk tiga orang. Saya menganggap diri saya sebagai anggota ketiga yang sama penting dengan dua lainnya. Saya tak bermaksud untuk menyangkal kesunyian. Rasa itu berada di sini, ketika kontak radio dengan Bumi tiba-tiba terputus saat saya di belakang Bulan. Saya sendirian sekarang, benar-benar sendirian, dan sangat terisolasi dari semua kehidupan yang pernah diketahui.”

“Jika dihitung? Skornya akan menjadi tiga miliar plus dua orang di sisi lain Bulan… Dan satu lagi, ditambah Tuhan yang tahu bagaimana rasanya kesunyian ini.”

Pernyataan dari Michael Collins, Astronot Apollo 11

Neil Amstrong dan Buzz Aldrin, adalah dua orang pertama yang mendarat di Bulan. Yang memang telah mencapai satu prestasi terbesar dalam sejarah manusia.

Namun, tak banyak orang tahu ada manusia yang berhasil mencapai tingkat ketenangan dari yang pernah dialami manusia, dialah Michael Collins.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *