Ingin menerjemahkan teks di Android atau iPhone? Inilah cara Anda dapat menerjemahkan teks secara instan menggunakan Google Terjemahan di perangkat seluler apa pun.

Anda mungkin telah menggunakan Google Terjemahan di ponsel Anda sehingga Anda dapat membaca teks asing dari situs web, di menu, atau serupa. Tetapi tidak nyaman untuk beralih ke aplikasi Google Terjemahan setiap kali Anda ingin melakukan ini.

Untungnya, ada fitur berguna untuk Google Terjemahan di Android yang memungkinkan Anda mengakses terjemahan tanpa meninggalkan aplikasi Anda saat ini. Berikut cara tercepat untuk menggunakan Google Terjemahan di Android, plus yang paling mirip untuk pengguna iPhone.

menggunakan aplikasi google terjemahan

Cara Mengaktifkan Ketuk untuk Menerjemahkan di Android

Pertama, pastikan aplikasi Google Terjemahan Anda diperbarui ke versi terbaru. Cukup kunjungi Play Store, cari Google Terjemahan, dan pastikan Anda tidak melihat perintah Perbarui/Update.

Selanjutnya, buka aplikasi Google Terjemahan. Ketuk tombol hamburger di kiri atas untuk menggeser menu. Dari menu ini, pilih Pengaturan/Settings. Kemudian pada menu yang dihasilkan, pilih entri Ketuk untuk Menerjemahkan/Tap to Translate.

Halaman ini menunjukkan gambaran umum tentang cara kerja fitur. Ketuk penggeser di sebelah Enable untuk mulai menggunakannya.

Pada versi Android modern, Anda mungkin diminta untuk mengaktifkan Permit drawing over other apps. Ini adalah persyaratan sistem Android agar aplikasi muncul di atas yang lain.

Tekan Turn on untuk melompat ke halaman izin di menu Pengaturan/Settings Android, lalu gulir ke bawah ke Translate dan pilih. Terakhir, aktifkan penggeser Allow display over apps agar fitur berfungsi dengan benar.

Menggunakan Ketuk untuk Menerjemahkan di Android

Setelah selesai, tekan Kembali/Back beberapa kali untuk kembali ke halaman Google Terjemahan. Jika Anda ingin, ubah opsi Preferred languages untuk kinerja terbaik. Ini memungkinkan Anda memberi tahu aplikasi bahasa apa yang Anda gunakan dan apa yang paling sering Anda terjemahkan gunakan Detect language untuk bahasa yang terakhir jika Anda menggunakan banyak.

Sekarang Anda dapat menggunakan ketuk untuk Menerjemahkan kapan pun Anda mau. Cukup sorot beberapa teks di ponsel Anda dan tekan tombol Copy untuk meletakkannya di papan klip perangkat Anda. Setelah selesai, ketuk gelembung Google Terjemahan mengambang untuk langsung melihat terjemahan untuk teks yang Anda salin.

Bergantung pada aplikasi dan versi Android Anda, Anda mungkin melihat opsi Translate terpisah muncul di menu konteks saat Anda menyorot teks. Ini memungkinkan Anda membuka Google Terjemahan dengan cara yang pada dasarnya sama, artinya Anda tidak perlu mengaktifkan Ketuk untuk Menerjemahkan.

Anda dapat menekan dan menyeret gelembung untuk memindahkannya ke tempat lain di layar Anda. Jika Anda tidak ingin melihatnya lagi, seret ke ikon X yang muncul di bagian bawah layar Anda.

Perlu diingat bahwa fitur ini tidak dapat menerjemahkan teks dalam gambar yang Anda buka di ponsel Anda. Ini hanya berfungsi untuk teks.

Baca Juga : 10 Fitur Google Duo Yang Harus Anda Ketahui dan Gunakan

Cara Tercepat Untuk Mengakses Google Terjemahan di iPhone

Meskipun iOS tidak mendukung Ketuk untuk Menerjemahkan, masih ada cara yang sedikit lebih cepat untuk menerjemahkan teks di iPhone Anda.

Pertama, salin beberapa teks di iPhone Anda seperti biasa. Lalu, buka layar Beranda perangkat Anda dan sentuh dengan kuat dan tahan ikon aplikasi Google Terjemahan. (Ini dikenal sebagai Haptic Touch di iPhone modern dan 3D Touch pada model lama.)

Saat Anda melakukan ini, Anda akan melihat beberapa pintasan tambahan muncul. Pilih Paste and translate ke bahasa yang ingin Anda lihat terjemahannya (misalnya, bahasa Inggris jika Anda menyalin teks Spanyol). Ini akan segera membuka Google Terjemahan dengan terjemahan yang Anda minta.

Jika Anda ingin mahir, coba atur pintasan Siri atau gunakan metode terjemahan iPhone lainnya untuk menerjemahkan teks lebih cepat.

Terjemahan Cepat untuk Penggemar Bahasa

Dengan metode ini, Anda dapat menghemat waktu setiap kali Anda menerjemahkan teks di ponsel Anda. Ini lebih cepat daripada membuka aplikasi dan menempel secara manual setiap saat. Dan meskipun ada juga pintasan Google Terjemahan di aplikasi Gboard untuk Android dan iPhone, metode ini tidak mengharuskan Anda mengubah keyboard yang Anda gunakan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *