Iklim Tropis Indonesia ternyata memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah berbagai buah tropis yang makmur. Dari beberapa nama buah-buahan yang cukup populer di Indonesia, mungkin mangganya adalah salah satunya. Tetapi apakah Anda tahu Mango apa yang memiliki berbagai jenis? Meskipun setiap jenis pohon mangga memiliki bentuk yang cenderung sama, tetapi buah yang dihasilkan tentu memiliki perbedaan. Tidak hanya bentuk fisik, setiap jenis juga memiliki warna dan tekstur yang berbeda. Meski begitu, mangga dengan rasa manis yang sering menjadi tujuan. Bagi Anda yang mencari rekomendasi mangga dengan rasa manis dan segar, berikut adalah 11 jenis mangga yang terasa manis dan populer di Indonesia.

Ada banyak jenis mangga di Indonesia. Ini adalah 11 jenis mangga yang dikenal manis dan populer di Indonesia.

jenis mangga
Jenis Mangga yang Rasanya Manis dan Populer di Indonesia. (Foto: Unsplash)

Mangga gedong gincu

Mangga Gedong Gincu (Sumber Foto: Wikipedia)

Jenis mangga ini disebut Gedong Gincu. Mangga Cirebons memiliki kuning kemerahan. Jika Anda melihat fisik, ukuran buah ini sebenarnya lebih kecil dari mangga pada umumnya. Bentuk mangga ini juga kurang oval.

Selain Cirebon, Manga Gedong Gincu juga mudah ditemukan di Indramayu. Meskipun berasal dari jenis yang sama, tetapi Gedong Gincu de Indramayu memiliki rasa yang lebih manis. Sayangnya, ukuran Gedong Gincu de Indramayu memiliki fisik yang lebih kecil, jadi itu kurang sesuai permintaan.

Mangga arumanis

Mangga arumanis (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Jenis mangga yang sangat populer di Indonesia adalah Mangga Aumanis. Seperti namanya, jenis mangga ini memiliki aroma harum dan terasa manis. Mangga, juga dikenal sebagai Mango Gadung berasal dari Provolinggo dan menjadi buah dari daerah tersebut.

Sejak penampilan fisiknya, Mangga Aumanis memiliki kulit hijau dengan bentuk oval dengan tip kerucut. Sementara tekstur daging sebenarnya lebih lembut.

Mangga manalagi

Mangga manalagi (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Selain Aumanis, jenis mangga yang cukup populer di Indonesia adalah Manalagi Mangga. Untuk pertanyaan selera, mangga ini memiliki rasa yang unik, yang merupakan kombinasi dari Arumanis dan Golek Mangga.

Meskipun ukurannya lebih kecil dari Hango Golek, mangga mangga manalagi sebenarnya lebih tebal, padat dan berserat. Seperti halnya Aumanis Mango, Manalagi juga merupakan salah satu mangga lama setelah mengumpulkan pohon.

Mangga apel

Mangga apel (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Meskipun mangga ini menanggung nama apel, tetapi jenis mangga ini tidak terkait dengan Apple. Penunjukan itu tidak diberikan, tetapi mangga ini memiliki bentuk bulat sebagai apel.

Mangga Singapura memiliki dua jenis, yaitu, mangga apel merah dan hijau. Perbedaan antara keduanya tidak hanya dalam warna, tetapi juga terasa. Untuk mangga apel hijau, rasa yang mereka cenderung asam dan lebih cocok untuk digunakan sebagai RUYAK. Sementara jenis merah memiliki aroma harum, tekstur yang lebih halus dan rasa yang lebih manis.

Mangga alpukat

Mangga Alpukat (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Penunjukan mangga alpukat tidak diberikan oleh bentuk serupa dengan buah alpukat, tetapi karena cara makan mangga ini mirip dengan makan buah alpukat.

Untuk menikmati mangga ini, pertama-tama Anda harus memotong pusat, serta buah alpukat. Jenis mangga ini adalah buah pernikahan antara gagang gadung dan mangga madu. Tidak hanya itu, buah ini juga merupakan salah satu buah khas dari wilayah Pasuruan.

Mangga golek

Mangga GolekMangga Golek (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Di antara pecinta mangga, nama Mango Golek tidak jelas tanpa orang asing. Dengan cara oval yang cukup, Mangga Golek dapat menyajikan rasa manis dan tekstur yang tidak berserat.

Mangga Golek adalah salah satu varietas utama mangga lokal. Beberapa daerah yang dikenal sebagai produsen Mango Golek termasuk Provolinggo, Indramayu dan Pasuruan.

Mangga malibu

Mangga Malibu (Sumber Foto: Unsplash)

Bahkan, mangga jenis ini adalah salah satu mangga impor Australia, tepatnya di pertanian Berry Springs, Darwin Selatan. Meski begitu, keberadaannya di Indonesia cukup populer. Salah satu keunikan mangga ini tidak lebih dari perasaan seperti buah kelapa.

mangga ini adalah hasil dari pernikahan yang dilintasi antara jenis Hango Irwin dan Kensington Orgulle. Tidak mengherankan, mangga fisik Malibu terlihat lebih besar dan lebih merah daripada kebanyakan jenis mangga.

Mangga madu

Mangga Madu (Sumber Foto: Unsplash)

Meskipun penampilan fisik mirip dengan mangga gadung, tetapi manduk mangga memiliki kulit kuning yang lebih cerah saat memasak. Seperti namanya, mangga ini memiliki rasa manis seperti madu, meskipun warna buahnya masih putih. Jika Anda melihatnya dengan tampilan, ukurannya tidak sangat berbeda dari Mango Manalagi.

Tidak hanya di Indonesia, manga madu juga cukup populer dan berkembang hampir di beberapa sudut negara, seperti India, Thailand, Hawaii, Florida dan Afrika Selatan.

Mangga nam dok mai

Mangga Nam Dok Mai (Sumber Foto: Wikipedia)

Mangga gajah putih, Thailand, memiliki keunikan. Selain panjangnya, yang dapat mencapai 17 cm, keunggulan lain dari mangga ini adalah buah-buahan kasar, serat halus, mengandung lebih sedikit air, tekstur yang lebih lembut dan rasa manis.

Mangga kweni / pakel

Mangga Kweni (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Di beberapa daerah, mangga ini memiliki beberapa nama lain seperti Kabeni, Pekel, Lekup, Munkar, Bembem dan lainnya. Dengan warna buahnya sendiri, mangga ini memiliki daging buah oranye dengan rasa manis. Sayangnya, tekstur serat kasar cukup mengganggu ketika dikonsumsi.

Baca Juga 10 Buah Segar Kado untuk Hari Ibu yang Efektif Mencegah Penuaan Dini | Blog Sayurbox

Mangga Indramayu / cengkir

Mangga indramayu (Sumber Foto: Dok. Sayurbox)

Seperti namanya menunjukkan, mangga ini berasal dari Indramayu. mangga ini juga memiliki nama lain, yaitu, Mango curk. Jenis mangga ini dikenal karena teksturnya yang manis, lembut dan lembut. Secara fisik, mangga ini memiliki warna hijau kekuningan ketika dimasak, sedangkan dagingnya cukup oranye. Mereka adalah 11 jenis mangga yang dikenal manis dan populer di Indonesia.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *