Tahukah kamu dimana lubang terdalam di dunia? Ternyata lubang terdalam di dunia ada di Rusia, tepatnya di Murmanks. Lubang ini merupakan proyek dari pembuktian Rusia terhadap Amerika Serikat saat perang dingin. Selain itu, sebagai proyek untuk kepentingan ilmiah.

Pengeboran Terdalam dimulai pada tahun 1970. Ilmuwan Rusia mematok function ingin menggali lubang sedalam 15.000 meter, untuk mempelajari ilmu pengetahuan lebih dalam tentang kerak bumi. Lubang ini bernama Kola Superdeep Borehole atau KSB.


Perbandingan KSB dengan Proyek Pengoboran Lain di Dunia | Reddit

Pengeboran dilakukan selama 24 tahun dan dimulai pada tahun 1970. Awalnya Rusia merencanakan pengeboran tanah dengan dalam 15.000 meter. Namun, pengeboran harus terhenti pada tahun 1983 saat mencapai kedalaman 12 kilometer. Setelah itu pada tahun yang sama pengeboran dilanjutkan dan memperoleh pertambahan kedalaman 262 meter hanya dalam waktu 10 tahun.

Hingga pada tahun 1994, pengeboran benar-benar dihentikan dan mendapatkan kedalaman 12 kilometer lebih. Walaupun demikian, lubang tersebut dinobatkan menjadi lubang terdalam di dunia. Bahkan melebihi kedalaman Palung Mariana di samudera Pasifik yang hanya memiliki kedalaman 10.911 kilometer.

Perbandingan KSB dengan Palung Mariana | Pinterest

Meskipun KSB sangat dalam, namun lubang ini hanya memiliki diamaeter yang sangat kecil, yaitu 23 sentimeter.

Baca Juga Michael Collins, Manusia Paling Kesepian Dalam Sejarah

Mitos pengeboran Terdalam yang sempat terhenti

Pengeboran KSB sempat terhenti atau lebih tepatnya harus terhenti pada tahun 1994 dan tidak ada kelanjutkan. Terhentinya pengeboran memang dinilai banyak menimbulkan pertanyaan. Ada yang mengatakan jika pengeboran terhenti karena kurangnya dana untuk melanjutkan proyek, ada juga yang mengatakan akibat kejadian supranatural.

Tak sedikit para pekerja yang mendengar teriakan-teriakan manusia di dalam lubang tersebut sebagai representasi manusia yang disiksa dalam neraka.

Padahal hal itu sangat tidak benar. Alasan yang paling masuk akal adalah terkait suhu di kedalaman final tersebut sudah mencapai ambang batas toleransi alat bor. Sehingga ada suara-suara yang sedikit asing.

Apakah lubang KSB hampir mencapai Inti bumi?

Ternyata bila dibandingkan dengan kedalaman inti bumi, kedalaman KSB sangat jauh dari inti bumi. Bahkan KSB masih jauh untuk mencapai mantel bumi. KSB hanya terbentuk pada sebagian kecil lapisan bumi.

Untuk melihat perbandingan kedalaman inti bumi dan lubang KSB, KSB hanya sedalam 0,002 persen menuju inti bumi. Sehingga, bisa dipastikan belum ada lubang terdalam yang bisa menembus hingga ke inti bumi.

Kategori: Sejarah

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *