Error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL ? Driver perangkat yang salah dapat membuat PC Anda mogok. Gunakan tips ini untuk mengatasi Error IRQL_not_less_or_equal di Windows 10.

BSOD adalah mimpi buruk dan yang terburuk bagi pengguna Windows dan meskipun kesalahan kritis ini jarang terjadi, ada beberapa yang terjadi berulang kali. Salah satunya adalah kesalahan IRQL_not_less_or_equal (kode kesalahan/error: 0x0000000A).

Alasan di balik kesalahan ini dapat berupa gangguan dari perangkat lunak pihak ketiga, masalah driver, dan perubahan perangkat keras.

Untungnya, kesalahan ‘IRQL_not_less_or_equal’ cukup mudah diperbaiki dan jika pembaruan Windows tidak memperbaiki masalah, salah satu metode yang tercantum di bawah ini pasti akan membantu pengguna mengatasinya.

Catatan: Sebelum menggunakan teknik dalam artikel ini, pastikan untuk memperbarui Windows ke versi terbaru. Pengguna dapat melakukan ini dengan membuka Start > Settings > Update & Security > Windows Update > Check for updates.

Gangguan Dari Perangkat Lunak Pihak Ketiga Error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Alasan utama sebagian besar kesalahan BSOD adalah pemasangan perangkat lunak pihak ketiga baru-baru ini. Perangkat lunak antivirus khususnya, diketahui menjadi penyebab utama banyak kesalahan ini. Pengguna disarankan untuk membuat titik pemulihan sistem sebelum menginstal perangkat lunak yang membuat perubahan besar pada PC mereka.

Cara Membuat Titik Pemulihan Sistem (System Restore Point)

Proses pembuatan titik pemulihan sistem cukup mudah. Ikuti saja langkah-langkah yang diberikan:

  • Di Search Bar, ketik System Restore dan klik Create a Restore Point. Di bawah tab System Protection, klik Create.
  • Masukkan nama yang mudah dikenali untuk titik pemulihan dan klik OK.
  • Windows akan memakan waktu cukup lama dan membuat System Restore Point.

Error IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL

Untuk memulihkan komputer Anda ke titik pemulihan sebelumnya, cukup cari System Restore dan klik Create a Restore Point di hasil. Di Jendela yang terbuka klik tombol System Restore dan pilih titik pemulihan sistem yang diperlukan.

Baca Juga : Resetting Your PC? Cara Memperbaiki Kesalahan / Error There Was a Problem Resetting Your PC di Windows 10

Mendiagnosis Masalah Menggunakan Clean Booting

Clean Booting adalah teknik yang memungkinkan pengguna menghentikan semua aplikasi dan layanan pihak ketiga secara efektif di Windows. Ini digunakan untuk mendiagnosis banyak kesalahan umum. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Di Search Bar, ketik msconfig dan dari hasil, klik System Configuration.

  • Di jendela yang terbuka, navigasikan ke tab Services. Centang kotak berlabel Hide all Microsoft services. Hapus centang semua layanan pihak ketiga dalam daftar.
  • Selanjutnya, buka Task Manager dan buka tab Startup. Dari daftar, pilih setiap layanan pihak ketiga satu per satu dan klik tombol Disable di kanan bawah.

  • Nyalakan ulang komputer Anda atau Reboot.

Sekarang ketika PC boot, hanya layanan Microsoft Windows yang penting yang akan berjalan. Jika kesalahan tidak ada, itu berarti masalah itu disebabkan oleh aplikasi atau layanan pihak ketiga. Jika kesalahan terus berlanjut, inilah saatnya untuk beralih ke solusi lain yang memungkinkan.

Masalah Driver

Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan perangkat keras untuk berkomunikasi secara efektif dengan OS. Meskipun yang terbaik adalah memperbarui driver Anda, tidak semua pembaruan ini stabil dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan kesalahan.

Memperbarui Driver

Sudah berapa lama sejak Anda memperbarui driver penting dari PC Windows Anda? Jika sudah lama maka saatnya untuk melakukannya karena alasan umum untuk kesalahan ‘IRQL_not_less_or equal’ adalah driver yang sudah ketinggalan zaman. Cara termudah untuk memperbarui driver Anda adalah sebagai berikut:

  • Di Search Bar, ketik Device Manager, dan klik hasilnya.
  • Di jendela Device Manager, klik pada perangkat yang mungkin memiliki driver yang sudah ketinggalan zaman.
  • Di menu yang diperluas, klik kanan pada driver perangkat dan klik Update driver.
  • Windows secara otomatis akan mencari driver yang diperbarui dan menginstalnya.

Roll Back Driver Updates

Meskipun memperbarui driver biasanya akan memperbaiki masalah, terkadang pembaruan driver itu sendiri dapat menyebabkan kesalahan. Dalam kasus seperti itu, pengguna perlu memutar kembali pembaruan driver terbaru. Untuk mengembalikan pembaruan driver, cukup ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

  • Mirip dengan langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya, buka Device Manager. Anda dapat melakukan ini dengan mengetiknya di bilah pencarian atau melalui Control Panel.
  • Di jendela Device Manager, klik kanan pada driver yang ingin Anda roll-back. Klik Properties.
  • Di jendela Properties, di bawah tab Driver, klik ‘Roll Back Driver‘.

Terkadang tombol ‘Roll Back Driver’ berwarna abu-abu. Ini biasanya terjadi ketika pembaruan terbaru dipasang lebih dari 10 hari yang lalu. Driver printer tidak dapat dibatalkan. Sayangnya, dalam hal ini, pengguna perlu mengunduh driver versi lama dari situs web pabrikan dan menginstalnya secara manual.

Perubahan Perangkat Keras

Saat memasang perangkat keras baru, pengguna harus meneliti kompatibilitas perangkat keras baru tersebut. Mengubah RAM atau beralih dari memori saluran tunggal ke saluran ganda diketahui menyebabkan kesalahan ‘IRQL_not_or_equal’. Selain itu, RAM merupakan salah satu perangkat keras yang paling sering diperbarui yang membuat berurusan dengan modul RAM lama menjadi masalah nyata. Inilah yang dapat Anda lakukan dengan stik RAM lama.

Diagnostik Memori

Windows Memory Diagnostic utilitas built-in yang berguna yang dapat digunakan untuk mendiagnosis banyak masalah memori umum di Windows 10. Disarankan agar pengguna menjalankan ini setelah menginstal RAM baru dan ceri di atasnya, mudah digunakan:

  • Di Search Bar Windows, ketik Memory Diagnostic dan klik Windows Memory Diagnostic.
  • Di jendela yang terbuka, pilih apakah Anda ingin Windows memulai ulang dan mendiagnosis masalah memori sekarang atau melakukannya saat Anda memulai ulang komputer secara manual.

Jika masalah Diagnostik Memori Windows tidak mengembalikan kesalahan atau tidak dapat memperbaiki masalah, pengguna harus mencoba hal-hal seperti:

  • Ganti slot DIMM pada RAM Anda jika Anda menggunakan dua atau lebih.
  • Periksa kembali kompatibilitas perangkat keras baru.
  • Beralih ke memori saluran tunggal atau sebaliknya, ke memori saluran ganda.
  • Pastikan XMP diaktifkan di BIOS saat menggunakan memori saluran ganda. Ganti profil XMP jika diaktifkan.
  • Instal ulang perangkat keras lama dan periksa apakah masalahnya masih ada.

Masalah Yang Mudah Diperbaiki

Meskipun BSOD mungkin tampak mengintimidasi, biasanya BSOD disebabkan oleh beberapa masalah sederhana yang mungkin dialami komputer Anda. Perbaikan yang tercantum di atas dapat digunakan untuk menangani beberapa kesalahan yang dapat menyebabkan BSOD. Tetapi selalu lebih baik untuk mengikuti beberapa tips penting untuk memastikan bahwa komputer Anda bekerja dengan lancar.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *