Error 0xc00007 ? Windows menampilkan kesalahan saat aplikasi tidak dimulai dengan benar. Selesaikan kesalahan 0xc00007b di Windows dengan solusi langkah demi langkah ini.

Seiring dengan banyaknya fitur baru, pembaruan Windows juga membawa banyak masalah baru bagi beberapa pengguna. Dari semua ini, salah satu kesalahan berulang yang paling umum adalah kesalahan ‘Application was unable to start correctly (0xc00007b)’.

Ada banyak alasan mengapa pengguna mendapatkan kesalahan ini, yang paling umum adalah upaya untuk menjalankan aplikasi 32-bit pada salinan Windows 64-bit. Beberapa pengguna mungkin juga menghadapi kesalahan ini setelah pembaruan Windows baru-baru ini.

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara memperbaiki kesalahan 0xc00007b di Windows:

Error 0xc00007b Akun Pengguna Rusak

Jika beberapa aplikasi tidak dapat memulai dengan kode kesalahan ini, biasanya ini disebabkan oleh akun pengguna yang rusak. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan Boot Bersih dan menjalankan aplikasi kembali.

Di Boot Bersih, Windows menonaktifkan semua aplikasi dan layanan pihak ketiga. Ini akan membantu memastikan bahwa masalah tidak disebabkan karena gangguan dari aplikasi dan layanan ini.

Baca Juga : Resetting Your PC? Cara Memperbaiki Kesalahan / Error There Was a Problem Resetting Your PC di Windows 10

Cara Melakukan Boot Bersih

Sederhana saja, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke komputer Anda sebagai Administrator
  • Tekan Windows + R, ketik msconfig dan tekan enter. Cara lainnya, Anda juga dapat mencari msconfig di kotak pencarian dan memilih System Configuration.
  • Di jendela System Configuration klik pada tab Services, pilih Hide all Microsoft services dan kemudian klik Disable all
  • Klik pada tab Startup pada System Configuration dan klik Open Task Manager.
  • Di Task Manager, buka tab Startup dan pilih setiap layanan dan klik Disable (terletak di sudut kanan bawah).
  • Tutup Task Manager dan kembali ke jendela System Configuration. Klik OK.
  • Nyalakan ulang komputer Anda atau Reboot.

Setelah reboot, coba luncurkan aplikasi Anda lagi dan lihat apakah itu berfungsi. Jika berhasil diluncurkan, itu berarti kesalahan itu disebabkan oleh aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Buat Akun Pengguna Baru

Jika boot bersih tidak membantu, ada satu hal lagi yang dapat dicoba pengguna. Buat akun pengguna baru di Windows dan coba jalankan aplikasi lagi.

Untuk melakukan ini, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik Start dan buka Settings, lalu pilih Family and Other Users.
  • Klik Add someone else to this PC.
  • Pilih Add a user without a Microsoft account.
  • Masukkan credentials.

Setelah membuat akun pengguna, Masuk menggunakan akun itu dan lihat apakah aplikasi berfungsi. Jika tidak maka saatnya untuk beralih ke metode lain.

Instal ulang DirectX, Redistributables, dan .NET Framework

Perbaikan umum untuk banyak masalah yang dihadapi oleh pengguna adalah menginstal ulang DirectX, dapat didistribusikan ulang seperti paket Microsoft Visual C ++, dan .NET Framework. Alasannya adalah karena beberapa aplikasi, terutama game, memerlukan versi terbaru dari alat dan pustaka yang disebutkan di atas agar dapat berjalan dengan baik.

Tautan unduhan diberikan di bawah ini:

Ingatlah untuk mengunduh Runtime dan BUKAN Developer Packs.

Instal Ulang Aplikasi

Masalah kompatibilitas umum terjadi di Windows 10 dan kemungkinan itu menyebabkan kesalahan 0xc00007b di Windows 10. Untuk menangani masalah ini secara efektif, gunakan langkah-langkah berikut:

  • Klik Start, cari Programs and Features. Pilih hasilnya.
  • Dari daftar, klik program yang memberikan kesalahan dan klik Uninstall.
  • Temukan file Setup program dan klik kanan di atasnya.
  • Pilih Properties dan buka tab Compatibility.
  • Pilih versi Windows yang lebih lama (sebaiknya Windows 7 atau XP) dari menu tarik-turun.
  • Ingatlah untuk juga mencentang kotak Run as Administrator.
  • Klik ok dan lanjutkan untuk menginstal aplikasi.

Sekarang, ini mungkin tampak berlebihan bagi beberapa pengguna, tetapi ini juga cara yang efisien untuk menangani kesalahan aplikasi umum lainnya. Sebaiknya hilangkan setiap kemungkinan sebelum melanjutkan ke teknik diagnostik yang lebih canggih.

Menggunakan CHKDSK

CHKDSK adalah salah satu alat diagnostik paling berguna di Windows. Dari masalah penyimpanan hingga kesalahan sistem file, CHKDSK mungkin akan menemukan akar penyebab masalah dan memperbaikinya. Ceri di atasnya? Mudah digunakan.

Untuk menjalankan CHKDSK cukup lakukan hal berikut:

  • Cari cmd di bilah pencarian Windows.
  • Klik kanan pada kecocokan terbaik dan klik Run as administrator.
  • Ketik chkdsk /r di konsol Command Prompt dan tekan enter.

Setelah ini, yang harus Anda lakukan adalah menunggu CHKDSK melakukan keajaibannya. Pengguna dapat beristirahat sebentar karena mungkin perlu beberapa saat sebelum masalah didiagnosis. Namun jika terlalu lama maka CHKDSK bisa macet.

Jalankan SFC

SFC atau Pemeriksa Berkas Sistem adalah fitur bagus lainnya yang disertakan dalam Windows. Program ini memeriksa file system yang hilang atau rusak dan memperbaikinya. Pengguna harus menggunakan SFC sebagai pilihan terakhir karena mengembalikan file sistem Windows ke status default mereka. Ini termasuk file Windows DLL juga jadi lebih baik untuk mencadangkannya.

Bagaimana cara menggunakan SFC? Ikuti saja langkah-langkah ini:

  • Luncurkan Command Prompt sebagai administrator.
  • Untuk memverifikasi dan memperbaiki file sistem gunakan sfc /scannow.
  • Untuk memverifikasi file sistem, gunakan sfc /verifyonly. (Tidak ada perubahan yang dilakukan pada file sistem dan DLL)
  • Tekan enter.

Jika SFC menemukan kesalahan dan memperbaikinya, coba jalankan kembali program yang terpengaruh untuk melihat apakah itu berfungsi. Mungkin ada contoh di mana SFC akan menemukan file yang rusak tetapi tidak akan dapat memperbaikinya. Dalam kasus seperti itu, yang terbaik adalah menjalankan program sekali atau dua kali.

Memperbarui Windows

Meskipun Windows biasanya memperbarui dirinya sendiri secara otomatis, ada baiknya memeriksa untuk melihat apakah perangkat Anda melewatkannya. Jika Anda menggunakan koneksi terukur atau telah menonaktifkan pembaruan sama sekali, ikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa pembaruan secara manual.

Buka Start > Settings > Update & Security dan klik Windows Update. Pilih Check for updates untuk melihat apakah perangkat Anda menjalankan versi terbaru Windows.

Aplikasi Ini Tidak Dapat Dimulai? Sekarang Bisa

Dengan menggunakan metode ini, sebagian besar pengguna dapat menghapus kesalahan 0x00007b di Windows tetapi seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, ada program yang hanya berjalan pada sistem 64-bit atau 32-bit. Misalnya, kebanyakan game baru hanya 64-bit. Pengguna yang kebetulan menggunakan sistem berbasis ARM juga dapat mencoba dan menggunakan Emulator Aplikasi 64-Bit bawaan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *