Default Printer Windows 10 ? Berikut cara mengubah printer sebagai default Anda di Windows 10, dan mencegah Windows mengubahnya secara otomatis.

Menyetel printer default di Windows 10 itu cerdas, terutama jika Anda memiliki banyak printer. Anda tidak ingin mengirim dokumen ke printer yang salah tanpa berpikir panjang, berpotensi membuang-buang tinta dan kertas.

Mari kita lihat cara mengatur dan mengubah printer default di Windows 10.

Cara Mengatur Printer Default di Windows 10

Untuk mengelola opsi printer, buka aplikasi Settings menggunakan pintasan Windows + I atau ikon di Start Menu. Sesampai di sana, klik Devices dan pilih Printer & scanners dari sisi kiri.

Ini akan mencantumkan semua printer saat ini di bawah header Printers & scanners. Selain printer fisik, Anda mungkin melihat beberapa layanan cetak perangkat lunak, seperti OneNote atau Microsoft Print to PDF.

Cegah Windows Mengubah Printer Default Anda

Untuk menyetel printer default Anda, Anda harus menggulir ke bagian bawah daftar printer Anda terlebih dahulu dan memastikan Let Windows manage my default printer tidak dicentang.

Default Printer Windows 10

Jika Anda mengaktifkan ini, Windows akan mengubah default Anda ke apa yang menurutnya terbaik (berdasarkan penggunaan Anda), yang dapat membingungkan. Memiliki ini diaktifkan juga mencegah Anda dari pengaturan printer default Anda sendiri.

Baca Juga : Resetting Your PC? Cara Memperbaiki Kesalahan / Error There Was a Problem Resetting Your PC di Windows 10

Menyetel Printer Windows 10 Default Anda

Sekarang, jika Anda tidak melihat Default Printer Windows 10 Anda terdaftar, klik tombol Add a printer or scanner di bagian atas halaman. Jika printer Anda tidak muncul, Anda harus mengklik The printer that I want isn’t listed.

Default Printer Windows 10

Setelah Anda menambahkan pencetak yang ingin Anda tetapkan sebagai default, klik pencetak itu dalam daftar. Dari tombol yang muncul, klik Manage untuk membuka halaman dengan lebih banyak opsi.

Di halaman baru, Anda akan melihat tombol bertuliskan Set as default. Klik ini dan Windows akan menyetel printer Anda sebagai default untuk pekerjaan mendatang. Jika berfungsi dengan baik, Anda akan melihat Printer status: Default dan tag Default pada nama printer di halaman utama.

Sekarang, setiap kali Anda menggunakan perintah Print dalam suatu program, itu akan memiliki printer yang Anda tetapkan sebagai default sudah dipilih. Anda selalu dapat memilih yang lain saat dibutuhkan.

Mengubah Default Printer Windows 10

Sangat mudah untuk mengatur Default Printer Windows 10. Dan selama Anda tidak mencentang opsi yang disebutkan di atas, itu akan tetap ada sampai Anda mengubahnya lagi.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *