Salah satu cara yang efektif untuk membuat situs dikunjungi banyak orang adalah dengan melakukan pembuatan konten SEO friendly. Konten yang kita maksudkan di sini tentunya adalah artikel, sebagai bagian utama yang menjadi pengisi sebuah blog dan website.

Sebab untuk bisa berada di halaman pertama search engine, anda perlu membuat artikel yang menarik dan dapat bermanfaat untuk banyak orang. Dengan begitu, tulisan yang anda posting akan lebih mudah ditemukan oleh banyak orang.

Namun tingkat persaingan sudah semakin ketat, anda bersaing bukan hanya antara puluhan orang saja, namun ribuan bahkan jutaan pemilik situs lainnya ikut bersaing untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itu, konten yang anda buat harus benar-benar berkualitas dan memenuhi kaidah SEO.

5 Cara Membuat Konten SEO Friendly

membuat konten seo friendly

Bila mengacu pada algoritma Google pada jaman dulu, konten yang dinilai SEO friendly belum tentu human friendly. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya artikel – artikel yang dibuat oleh bot atau mesin otomatis.

Meskipun memiliki tata bahasa yang kaku dan pembahasan yang tidak jelas, tulisan seperti itu masih bisa bersaing dan masuk ke halaman pertama pencarian.

Tapi kini, setelah algoritma Google mengalami banyak penyesuaian dan pembaruan, tulisan yang ingin dibuat secara SEO friendly sudah pasti harus human friendly. Sebab seiring berjalannya waktu, Google akan terus
menyesuaikan algoritma mereka agar bisa semirip mungkin dengan isi pikiran manusia.

1. Cari Keyword Yang Tepat dan Gunakan Sewajarnya

Keyword atau kata kunci adalah faktor utama dalam sebuah konten. Sebab mesin pencarian Google akan memisahkan semua artikel yang ada di dalam databasenya berdasarkan kata kunci artikel tersebut. Jadi tanpa fokus keyword yang jelas Google akan lebih sulit menampilkan tulisan di mesin pencariannya.

Tapi bagaimana mengetahui keyword bagus atau tidak? Untuk hal ini anda perlu melakukan riset. Keyword yang tepat adalah yang anda kuasai dan banyak dicari oleh orang. Beberapa website seperti Ubersuggest dan Mozrank menyediakan fasilitas untuk melakukan riset ini gratis.

Setelah menentukan kata kunci yang diinginkan, anda juga tidak boleh menggunakan kata tersebut secara berlebihan. Normalnya, focus keyword dalam sebuah artikel adalah 1% dari keseluruhan katanya. Jadi ketika anda menulis 500 kata, keyword yang muncul sebaiknya tidak lebih dari 5 kali.

2. Cantumkan Link Sumber Di Dalam Artikel

Kemudian cara membuat konten SEO friendly yang berikutnya adalah dengan mencantumkan link sumber yang dibaca untuk menulis artikel tersebut. Cara ini bisa membuat tulisan yang ada buat terlihat lebih
berkualitas dan di dasari oleh sumber yang bisa dipercaya, bukan artikel yang dibuat tanpa dasar yang jelas. Tapi tentunya hal ini tidak berlaku bila menulis konten tentang pengalaman pribadi.


Selain external link, internal link atau link dari blog anda sendiri juga bisa membantu mengoptimasi tulisan anda di mesin pencarian. Sehingga nantinya tiap postingan blog saling terhubung dan memudahkan pembaca
ketika ingin mencari artikel serupa di blog yang anda miliki.

3. Pastikan Artikel Mudah Dimengerti dan Mempunyai Jawaban Yang Jelas

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, cara membuat artikel SEO friendly adalah dengan membuat tulisan yang human friendly. Artinya artikel tersebut harus mudah dipahami, tidak kaku, dan mengandung
informasi yang dibutuhkan pembaca.

Salah satu contohnya seperti ini, bila anda menargetkan keyword “smartphone 2 jutaan”, artinya tulisan yang anda buat harus seputar rekomendasi smartphone yang harganya berkisar maksimal Rp.2.999.999.

Bila anda justru memasukan smartphone yang harganya lebih tinggi dari itu, dengan spesifikasi sebagus apapun, maka
tulisan anda tidak mengandung informasi yang dibutuhkan pembaca.

4. Lakukan Optimasi Gambar dan Elemen Blog Lainnya

Sebuah artikel dalam blog tidak hanya tentang kalimat, paragraf dan informasi di dalamnya. Tapi ada pula elemen – elemen lain yang juga berpengaruh dalam cara membuat konten SEO Friendly.

Salah satu contohnya adalah gambar. Meskipun terkesan sepele dan hanya sebagai penghias, tetap gambar dalam tiap postingan blog sangat berpengaruh pada ranking pencarian artikel di Google. Sebab dalam
gambar, kita bisa memasukan keyword tambahan yang menjadi pendukung kualitas konten.

Selain itu ada pula elemen – elemen lainnya seperti tag heading, url, deskripsi, dan judul. Usahakan ke empat elemen ini memiliki focus keyword yang diinginkan. Dan khusus untuk judul, buatlah judul artikel semenarik mungkin yang membuat pembaca penasaran.

5. Buat Tulisan Dengan Paragraf yang Singkat

Dan cara terakhir dalam membuat artikel blog yang menarik dan SEO friendly adalah dengan membuat tiap paragrafnya singkat. Hal ini bisa membuat pembaca tidak bosan bahkan ketika baru melihat tampilan
tulisannya saja.

Memang secara tidak sadar, pikiran kita akan langsung merasa malas ketika melihat tulisan dengan paragraf yang panjang. Hal ini bisa kita rasakan ketika sedang membaca jurnal atau laporan hasil penelitian.

Jadi kesimpulannya, cara membuat konten SEO friendly di website atau blog adalah dengan memastikan tulisan yang dibuat benar-benar untuk manusia bukan mesin. Selama artikel yang dibuat informatif dan bermanfaat, Google akan mempermudah persaingan blog anda di mesin pencarian.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *