Mematikan Mode Tablet ? Apakah laptop Windows 10 Anda terus beralih ke mode Tablet? Inilah cara Anda menghentikan peralihan secara otomatis.

Windows 10 hadir dengan Mode Tablet khusus, yang dapat Anda temukan di panel Pemberitahuan di kanan bawah taskbar atau di Settings dengan mencari Tablet Mode. Jika Anda memiliki perangkat 2-in-1, Windows 10 akan secara default memulai sebagai Mode Tablet.

Jika Anda tidak ingin menggunakan mode tablet atau tidak terbiasa dengannya, Anda mungkin menemukan fungsi ini mengganggu atau menghadapi kesulitan saat menggunakan komputer Anda. Untungnya, ada opsi untuk mematikan mode tablet ini.

Apa Itu Mode Tablet

Mode tablet adalah fitur ramah pengguna yang mengoptimalkan perangkat Anda untuk sentuhan. Anda tidak memerlukan mouse atau keyboard setelah mengaktifkannya. Saat mode tablet dihidupkan, semua aplikasi terbuka dalam mode layar penuh, dan ukuran ikon dikurangi.

Mode Tablet Windows 10 bisa sangat berguna jika Anda memiliki perangkat yang dapat membalik atau memiliki layar 2-in-1. Banyak pengguna mengeluh bahwa mode tablet mereka tidak berfungsi; Ini karena perangkat mereka tidak mendukung fitur sentuh layar.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan mode Tablet atau menonaktifkan mode Tablet sepenuhnya di Pengaturan Windows 10. Begini caranya.

Cara Mematikan Mode Tablet di Windows 10

Untuk menonaktifkan mode Windows 10 Tablet di komputer Anda, klik action center di kanan bawah taskbar Anda. Temukan Tablet mode, yang akan disorot dengan warna biru, lalu pilih untuk menonaktifkan.

Mematikan Mode Tablet

Jika Anda mengaktifkan Mode Tablet, PC Windows 10 Anda akan memiliki ikon berbasis ubin yang dikenal sebagai Live Tiles. Untuk mematikannya, cukup ketuk ikon mode Tablet.

Ini adalah cara sederhana untuk mematikan mode Tablet Windows 10, tetapi Anda juga dapat menyesuaikannya sesuai dengan penggunaan Anda. Begini cara melakukannya.

Baca Juga ; Cara Memasang / Install Font di Windows 10

Cara Menyesuaikan Mode Tablet di Windows 10

Anda juga dapat menggunakan keyboard virtual dengan Mode Tablet. Cukup ketuk keyboard icon di taskbar saat aktif, dan keyboard akan muncul.

Secara default, komputer Anda secara otomatis mengaktifkan mode Tablet saat mendeteksi notebook di tangan Anda, meskipun Anda tidak ingin mengaktifkannya. Untuk mengaturnya secara manual sesuai penggunaan Anda, Anda dapat mencoba pengaturan ini.

Mode Tablet mode di bilah pencarian Start menu Anda dan pilih kecocokan terbaik untuk membuka aplikasi Settings. Setelah menu terbuka, Anda dapat memilih antara Don’t switch, Always switch, atau Ask before switching.

Jika Anda menyetelnya ke Don’t switch, sistem Anda tidak akan mengirim munculan yang meminta untuk mengalihkan desktop Anda ke mode Tablet. Sementara itu, jika Anda menyetelnya ke Always switch, secara otomatis akan beralih ke mode Tablet secara default.

Terakhir, jika Anda memilih Ask me before switching mode, itu akan selalu menampilkan pop-up dan menanyakan apakah akan beralih ke mode Tablet atau tidak.

Anda dapat memilih opsi apa pun yang sesuai dengan preferensi Anda. Selain itu, ada pengaturan tambahan yang tersedia, When I Sign in, yang juga memberi Anda tiga opsi: SelaluAlways use Tablet Mode, Never Use Tablet Mode, dan Keep the mode I last used.

Pengguna desktop (yaitu, perangkat tanpa kemampuan sentuh) dapat menemukan opsi to Use the appropriate mode for my hardware alih-alih opsi untuk menggunakan mode yang dipilih sebelumnya.

Memilih opsi menetapkan mode default saat Anda masuk ke desktop Anda. Opsi ini sangat mirip dengan yang sebelumnya dan berfungsi seperti mereka juga.

Opsi pertama, Always use Tablet mode, akan membuka Windows 10 dalam mode tablet, apa pun jenis perangkat yang Anda miliki. Jika Anda memilih opsi kedua, sistem tidak akan pernah menggunakan Mode Tablet kecuali Anda mengubahnya. Opsi terakhir akan memberi Anda pilihan untuk beralih antara Windows 10 desktop mode atau Tablet mode.

Mematikan Mode Tablet Bagaimana Cara Kerjanya

Jika Anda masih belum mengetahui cara kerja mode Tablet, berikut adalah contoh detail yang akan menghapus semua keraguan Anda.

Misalkan Anda memiliki Flip Notebook yang berjalan di Windows 10 dan Anda telah memilih Always ask me before switching mode.

Sekarang, saat Anda membalik perangkat atau mengangkatnya di tangan Anda, notebook mendeteksinya. Berdasarkan pilihan Anda, ini memberi Anda pop up apakah Anda ingin beralih ke mode Tablet atau tidak.

Mematikan Pengaturan Tambahan Dalam Mode Tablet

Mode Tablet Windows 10 memiliki beberapa fitur tambahan di dalamnya, yang dapat Anda jelajahi dengan mengklik Change Additional Tablet Settings dari Windows 10 Tablet Settings menu. Bagian ini menunjukkan tombol sakelar Table Mode On/Off.

Setelah ini, itu dibagi menjadi dua kategori berdasarkan penggunaan mode Tablet. Dimulai dengan mode When I’m using Tablet mode, ini memberi Anda dua opsi: Hide app icons on the taskbar, yang diaktifkan secara default, dan Automatically hide the taskbar, yang dinonaktifkan.

Saat Anda mengaktifkan mode Tablet dan memilih Hide app icons on the taskbar, ini menghapus semua ikon pintasan. Opsi kedua akan menghapus taskbar lengkap dari bawah jika Anda memilihnya.

Kategori kedua, When I’m not using Tablet mode, memberi Anda banyak opsi untuk dipilih. Secara default, tiga opsi diaktifkan, dan hanya satu opsi yang dinonaktifkan.

Opsi yang diaktifkan secara default adalah Make app icons on the taskbar easier to touch, Show the search icon without the search box, dan Make buttons in File Explorer easier to touch.

Satu-satunya opsi yang dimatikan adalah Show the touch keyboard when there’s no keyboard attached. Semua opsi ini adalah beberapa fitur penyesuaian yang dapat Anda alihkan sesuai dengan pilihan Anda.

Menyempurnakan Mode Tablet Sesuai Keinginan Anda

Ini adalah fitur yang ramah pengguna, dan orang mungkin menganggap ini berguna. Bagaimanapun, ini semua tentang pilihan Anda. Mode Windows 10 Tablet membuat lebih banyak ruang layar pada tampilan. Selain itu, Anda dapat dengan mudah menavigasi menggunakan gerakan menggesek.

Anda bahkan dapat mengoperasikan dua aplikasi sekaligus hanya dengan jari Anda. Saat Anda mengaktifkan mode Tablet, Anda akan melihat ikon yang mirip dengan ubin yang ditampilkan di Windows 8. Jadi ini semacam opsi untuk kembali ke Windows 8, bahkan di Windows 10.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *