Berhenti Berlangganan Aplikasi ? Cari tahu cara mengelola dan membatalkan langganan aplikasi Anda di Android untuk menghemat uang dan membantu membersihkan perangkat Anda.

Anda dapat menghabiskan cukup banyak uang dari waktu ke waktu untuk langganan aplikasi. Sebaiknya periksa sesekali mana yang masih Anda gunakan dan mana yang perlu Anda batalkan. Penting juga untuk diketahui bahwa mencopot pemasangan aplikasi tidak akan membatalkan langganan Anda.

Sebaliknya, Anda perlu menekan tombol berhenti berlangganan untuk membebaskan Anda dari membayar biaya bulanan atau tahunan. Dengan ini, Anda masih dapat menikmati dan menggunakan aplikasi sambil membebaskan diri Anda dari membayar biaya tertentu. Kelemahan dari ini, adalah Anda tidak akan dapat menikmati aplikasi sama seperti Anda memiliki akun premium.

Jika Anda masih membayar untuk aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan, berikut ini cara berhenti berlangganan dari aplikasi tersebut di Android.

Cara Menemukan Semua Langganan Aplikasi di Ponsel Android

Aplikasi langganan umumnya memiliki uji coba gratis. Namun, kebanyakan dari mereka memerlukan metode pembayaran dan informasi kartu Anda, yang memudahkan mereka mengumpulkan biaya tertentu jika Anda ingin meningkatkan dan membuka beberapa fitur premium mereka.

Tidak seperti Netflix, di mana mereka secara otomatis mengakhiri langganan jika Anda tidak menonton cukup lama, beberapa aplikasi secara otomatis meningkatkan akun Anda setelah masa uji coba berakhir jika Anda belum membatalkannya, ini merupakan masalah besar buat Anda.

Berhenti Berlangganan Aplikasi

Untungnya, menemukan semua langganan aplikasi di ponsel Android sangatlah mudah. Berikut cara melakukannya:

  • Buka aplikasi Pengaturan/Settings perangkat Anda.
  • Klik di Google.
  • Setelah mengakses, cari Kelola Akun Google Anda atau Manage your Google Account dan ketuk di atasnya.
  • Di bagian atas halaman landing, tap Pembayaran & langganan/Payments & subscriptions. Melalui itu, Anda akan melihat berbagai opsi seperti Manage purchases, Manage reservations, dan Manage subscriptions.

Anda juga dapat melihat detail selengkapnya tentang setiap aplikasi yang dipilih tempat Anda dapat melakukan hal-hal tertentu, termasuk Track a delivery, Cancel a reservation, dan Renew a subscription. Anda dapat memeriksa informasi lainnya untuk setiap aplikasi dengan memilih Info.

Baca Juga : Taktik Psikologis Untuk Mempengaruhi Calon Pelanggan, Dijamin Berhasil! – EB

Berhenti Berlangganan Aplikasi

Siap membatalkan beberapa langganan aplikasi? Siapkan daftar Anda dan putuskan langganan mana yang ingin Anda batalkan. Lebih baik memilih untuk berhenti berlangganan aplikasi yang sebenarnya tidak Anda gunakan untuk kehidupan sehari-hari atau untuk sementara waktu di ponsel Android Anda. Anda selalu dapat berlangganan kembali jika membutuhkan fitur dan layanan aplikasi.

Ingatlah bahwa mencopot pemasangan aplikasi tidak akan otomatis membatalkan langganan Anda, dan Anda masih akan ditagih meskipun Anda tidak menggunakannya.

Untuk mencegah hal itu terjadi, ikuti langkah cepat dan mudah berikut tentang cara berhenti berlangganan dari aplikasi:

  • Buka Google Play Store untuk memulai.
  • Periksa apakah Anda masuk ke Akun Google Anda, tempat berafiliasi dengan aplikasi yang akan dihentikan langganannya.
  • Klik Menu yang ada di pojok kiri atas layar.
  • Dari sana, Anda dapat melihat Langganan/Subscriptions di bar samping, jadi ketuk ini. Ini akan memuat halaman baru untuk informasi aplikasi.
  • Cari Batalkan Langganan/Cancel Subscription dan ketuk. Setelah mengetuk, halaman baru akan dimuat di mana Anda harus masuk ke kredensial Google Anda.

Sekilas Info! Jika Anda tidak dapat menemukan langganan aplikasi di sana, kemungkinan besar itu telah dihapus dari Google Play Store. Jika ini terjadi, Anda tidak akan menerima biaya yang akan datang untuk biaya langganan, atau pembayaran Anda dikembalikan.

Membatalkan langganan dari aplikasi setelah Anda membayar tidak akan kehilangan akses Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi hingga akhir durasi berbayar. Jadi, jika Anda membayar untuk langganan satu tahun dan berhenti berlangganan di tengah tahun, Anda masih memiliki akses sampai Anda menyelesaikan seluruh tahun langganan berbayar. Dengan melakukan ini, aplikasi Anda tidak akan menagih Anda untuk pembaruan.

Kapan Anda Perlu Berhenti Berlangganan Aplikasi

Waktu terbaik untuk membatalkan langganan adalah saat Anda tidak lagi menggunakan aplikasi untuk tujuan yang berharga. Anda tidak ingin membuang-buang uang untuk sesuatu yang tidak Anda sukai. Jika Anda sudah membayar selama satu tahun penuh dan berniat untuk tidak memperpanjang untuk tahun berikutnya, inilah waktunya untuk berhenti berlangganan. Lebih baik membatalkan langganan selama durasi berbayar sehingga tidak akan diperpanjang secara otomatis untuk tahun depan.

Untuk pembatalan dan pengembalian uang, semua orang tampaknya berhak atas masa tenggang 30 menit untuk membatalkan pembelian Anda setelah membeli item di Google Play Store. Anda memiliki setidaknya setengah jam untuk membatalkannya sebelum ditagih ke kartu kredit Anda.

Sebuah email akan dikirimkan kepada Anda oleh penjual aplikasi untuk memberi tahu Anda tentang permintaan pengembalian dana dan status Anda. Ini adalah promo satu kali, saat Anda membeli aplikasi yang sama untuk kedua kalinya, kartu kredit Anda akan ditagih, dan penjualan sudah final.

Cara Mematikan Perpanjangan Otomatis Untuk Langganan

Anda selalu dapat memeriksa status dan informasi langganan aplikasi Anda, termasuk tanggal pembaruan di Google Play Store. Anda cukup mengetuk berhenti berlangganan aplikasi yang ingin Anda matikan perpanjangan otomatis untuk langganan, seperti instruksi tentang cara berhenti berlangganan di atas.

Anda juga dapat melakukan banyak aktivitas di sana, seperti mengubah metode pembayaran, mengembalikan dana untuk langganan, menjeda langganan, dan memulai ulang dari langganan yang dijeda.

Kelola Langganan Lain di Ponsel Android Anda

Jika Anda merasa kesulitan untuk melacak langganan, Anda juga dapat melihat laporan mutasi kartu kredit Anda dan melihat dari mana tagihan tersebut berasal. Sangat ideal bagi Anda untuk memiliki daftar langganan aplikasi yang disinkronkan untuk pelacakan yang mudah dan nyaman.

Analisis dan pikirkan baik-baik saat membeli aplikasi dari Google Play Store karena sebagian besar waktu, proses pengembalian dana bisa memusingkan. Pilih aplikasi terbaik tempat Anda dapat menggunakannya secara pribadi atau Anda dapat berbagi. Dengan melakukan ini, Anda juga dapat memaksimalkan penyimpanan ponsel Android Anda.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *