Ensipedia.com – Menonton movie merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Ada banyak sekali pilihan movie yang bisa kita tonton saat ini, tapi tidak semua movie bisa memberikan pesan yang baik untuk para penontonnya.

Meskipun demikian, jangan khawatir dulu. Masih banyak sutradara yang berhasil menciptakan movie dengan pesan yang sangat bagus, termasuk movie yang membawa pesan tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup kita.

Sebenarnya, ada banyak lho movie yang secara langsung ataupun tidak langsung telah mengajak para penontonnya untuk ‘melek’ terhadap isu lingkungan. Ingin tahu apa saja judul filmnya? Yuk kita lihat satu in keeping with satu!

1. Wall-E (2008)

Wall-E menceritakan tentang kisah sebuah robotic yang berjuang untuk bertahan hidup di planet Bumi yang sudah ditinggalkan oleh para penghuninya. Movie animasi keluaran Pixar ini secara jelas menggambarkan bagaimana kondisi Bumi yang semakin memburuk karena ulah manusia.

Manusia secara tidak sadar telah menghasilkan sampah dengan jumlah yang tak terkira, sehingga Bumi pun sudah tidak layak dihuni lagi. Movie ini dapat menyadarkan kita terhadap bahaya dari membuang sampah secara sembarangan. Kita tidak mau kan apabila planet Bumi berubah menjadi seburuk itu?

2. Satisfied Ft (2006)

Movie animasi musikal yang dibintangi oleh Elijah Wooden ini menceritakan tentang kisah Mumble, seekor penguin yang ingin belajar bernyanyi dan menari untuk menarik lawan jenisnya.

Meskipun movie ini terkesan lucu dan menggemaskan, sebenarnya movie ini berhasil mengangkat isu lingkungan yang terjadi di Laut Antartika kepada para penonton. Satisfied Ft menceritakan bahwa rantai makanan di Laut Antartika sudah mulai terputus karena adanya eksploitasi besar-besaran yang disebabkan oleh ketamakan manusia. Akibatnya, ekosistem di Laut Antartika pun terancam punah.

3. The Day After Tomorrow (2004)

Movie fiksi ilmiah yang disutradai oleh Rolland Emmerich ini layak untuk ditonton berulang kali, karena movie ini berhasil mengangkat isu mengenai betapa mengerikannya efek yang dihasilkan oleh pemanasan international.

Dalam movie ini digambarkan bahwa Bumi mengalami kekacauan iklim dan bencana alam terjadi di mana-mana. The Day After Tomorrow mengajak kita untuk selalu bersikap ramah terhadap lingkungan, dan apabila kita lalai, Bumi yang kita tinggali bisa mengalami kekacauan seperti yang digambarkan di dalam movie ini.

4. Avatar (2009)

Movie terlaris di dunia yang disutradarai oleh James Cameron ini mengisahkan tentang keserakahan manusia yang berupaya untuk mendapatkan mineral langka bernama Unobtanium. Segala cara dilakukan demi mendapatkan mineral tersebut, termasuk dengan cara merusak dan membabat hutan.

Dalam movie ini, James Cameron secara apik menggambarkan bagaimana sisi buruknya keserakahan manusia terhadap alam. Movie Avatar telah menyadarkan kita bahwa manusia sering kali hanya memikirkan kepentingan mereka sendiri tanpa bersikap ramah terhadap lingkungan.

5. Interstellar (2014)

Hampir sama seperti film-film di atas, movie ciptaan sutradara papan atas Christoper Nolan yang satu ini mengangkat tema tentang kondisi planet Bumi yang makin memprihatinkan. Planet Bumi digambarkan sebagai planet yang hancur karena ulah manusia yang tidak bisa menjaga alam.

Dalam movie ini, planet Bumi diceritakan sudah mengalami kerusakan lapisan ozon, mengalami krisis bahan pangan, dan mengalami badai debu. Akibatnya, Bumi sudah tidak bisa ditinggali lagi dan manusia harus berusaha mencari planet baru. Seram sekali, ya?

6. Doraemon: Nobita and the Inexperienced Huge Legend (2008)

Dari semua movie layar lebar Doraemon, Nobita and the Inexperienced Huge Legend adalah salah satu yang terbaik. Berawal dari Nobita yang hendak membuang kertas ulangannya yang bernilai nol, ia menemukan dan menyelamatkan sebatang pohon kecil yang hampir mati. Oleh Doraemon, pohon tersebut dirubah sehingga bisa bergerak, berjalan dan bertindak selayaknya manusia dan diberi nama Kibo.

Petualangan dimulai ketika Nobita, Doraemon, Shizuka, Huge, Suneo dan Kibo berusaha menyelamatkan Bumi dari alien hijau. Movie laris Jepang ini banyak mengajarkan kita tentang lingkungan hidup, bagaimana manusia yang semena-mena merusak kehidupan hayati dan menebang pohon pohon tanpa memikirkan dampaknya kelak.

7. Aquaman (2018)

Movie superhero keluaran DC Comics dan Warner Bros yang satu ini sangat layak untuk ditonton! Aquaman menceritakan kisah Arthur, sang Aquaman, yang berusaha untuk mendamaikan kaum manusia dengan kaum Atlantis. Selain menawarkan kisah ala superhero yang menarik, movie Aquaman juga “menyentil” isu mengenai pencemaran laut.

Saudara Aquaman yang berasal dari kaum Atlantis, King Orm, berambisi untuk memusnahkan populasi manusia karena manusia telah membuat laut menjadi tercemar dan populasinya terganggu. Namun pada akhirnya King Orm sadar bahwa manusia seharusnya diedukasi lebih lanjut, bukan dimusnahkan begitu saja. Melalui movie ini, kita diingatkan kembali untuk tidak mencemari laut.

8. Avengers: Infinity Warfare (2018)

Siapa yang tidak kenal dengan movie yang satu ini? Movie yang diproduksi oleh Marvel Studio ini mengisahkan tentang para superhero yang berusaha untuk melawan Thanos, karakter antagonis dalam movie Avengers: Infinity Warfare.

Dalam movie ini, diceritakan bahwa Thanos berambisi untuk menghilangkan setengan dari populasi manusia di muka Bumi. Meskipun terdengar begitu kejam, sebenarnya misi Thanos terhadap Bumi cukup “mulia” lho! Thanos menganggap bahwa manusia adalah biang dari kerusakan yang terjadi di muka Bumi, dan ia ingin melihat ekosistem Bumi kembali menjadi seimbang.

9. Mad Max: Fury Facet street (2015)

Dibalik aksi kejar-kejaran di padang pasir ala George Miller yang membuat ceritanya jadi badass luar biasa, movie pemborong 6 piala Oscar ini juga menyisipkan pesan tentang pentingnya menjaga alam. 

Dunia post-apocalyptic yang digambarkan oleh Opa Miller sangat memprihatinkan. Kelangkaan air sudah membuatnya menjadi sumber daya yang sangat berharga dan langka, bahkan untuk mendapatkannya orang tidak segan-segan membunuh sesamanya.

10. Godzilla: King of the Monster (2019)

Movie yang dirilis pada tahun lalu ini mengisahkan tentang Godzilla, sang monster purba raksasa, yang berperan sebagai penjaga alam dan sebagai pembawa keseimbangan bagi Bumi yang telah dirusak oleh manusia.

Namun sayang, manusia justru menganggap Godzilla dan monster-monster lainnya sebagai hama bagi Bumi dan harus dibasmi. Manusia hanya bisa menyalahkan kerusakan Bumi pada monster-monster tersebut, padahal manusia sendiri lah yang telah menciptakan kerusakan di muka Bumi.

Jadi, bisa dikatakan bahwa manusia adalah monster sesungguhnya. Keharusan kita sebagai manusia untuk selalu menjaga kelestarian alam adalah pesan yang bisa kita dapatkan setelah kita menonton movie ini.

Permasalahan mengenai lingkungan hidup saat ini tengah menjadi fear factor di dunia. Dari hal yang terkecil, meski pun kampanye ‘tak kasat mata’ dari sebuah movie, semoga kita bisa belajar dan lebih peduli lagi dengan lingkungan ya. Karna kita ditakdirkan bukan menjadi “penguasa alam”, melainkan “bagian dari alam”.

Kategori: Informasi

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *